Laba Emiten Kosmetik Ini Terbang 224%, Cuan Rp 88,9 M
Jakarta – Bisnis kosmetik di tahun ini sepertinya mulai kembali bergairah. Hal itu dibuktikan oleh salah satu perusahaan kosmetik yang tercatat di pasar modal, PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI).
Pada paruh pertama tahun 2023 ini, perseroan mengantongi laba bersih Rp 88,9 miliar. Angka itu naik 224,98% jika dibandingkan dengan laba bersih di semester I-2022 sebesar Rp 27,4 miliar.
Pendapatan perseroan tumbuh 46,7% dari Rp 446,3 miliar di semester I-2022 menjadi Rp 654,9 miliar di semester I-2023. Selain itu, Perseroan juga mencatatkan adanya peningkatan EBITDA sebesar 159,3% YoY mencapai Rp 142,5 miliar pada semester I-2023.
Secara kuartalan, pendapatan bersih perseroan tumbuh 21,7% dari Rp 295 miliar menjadi Rp 359 miliar di kuartal II-2023. Laba bersih Perseroan di kuartal kedua tahun ini juga naik signifikan sebesar 26,85% dibandingkan kuartal pertama 2023.
“Pertumbuhan positif yang dicapai Perseroan di semester pertama tahun ini merupakan bukti dari keberhasilan Perseroan untuk berinovasi dalam berbagai hal serta kelincahan Perseroan dalam mengikuti tren yang sedang berlangsung,” ujar Direktur Utama PT Victoria Care Indonesia Tbk Billy Hartono Salim dalam keterangannya, Kamis (3/8/2023).
Menurutnya capaian positif yang berhasil diraih perseroan di paruh pertama 2023 ini dimotori oleh keberhasilan Perseroan dalam menjalankan strategi yang tepat dalam pemilihan produk-produk yang diluncurkan ke pasar sehingga sukses meningkatkan penjualan Perseroan secara signifikan.
Produk perawatan tubuh, rambut, dan kulit dari merek Herborist, CBD Professional, hingga Nuface tercatat menjadi kontributor utama pertumbuhan Perseroan pada semester 1 2023 ini.