Kinerja Victoria Care Indonesia Diakui sebagai Emiten Terbaik 2022
Performa positif yang dibukukan PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan. Hal tersebut dibuktikan salah satunya dengan dinobatkannya VICI sebagai Emiten Terbaik Tahun 2022 untuk kategori Sektor Rokok, Farmasi & Keperluan Rumah Tangga.
Penghargaan bertajuk ‘Emiten Terbaik 2022 dari Majalah Investor ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki performa paling gemilang di sepanjang tahun lalu. Direktur Utama PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Billy Hartono Salim mengatakan, “Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kinerja perseroan yang sangat baik tahun 2021. Ini menjadi modal kuat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi di masa datang.”
Ke depannya, VICI berharap akan terus berusaha untuk mempertahankan pertumbuhan yang agresif dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan berbagai inovasi dalam mengeluarkan produk baru yang melengkapi jajaran produknya di pasaran dan sesuai dengan permintaan pasar.
“Dalam kondisi seperti ini, inovasi harus terus ada dan konsumen juga menginginkan sesuatu yang baru. Sehingga inovasi ini jadi hal penting yang selalu kami tekankan pada seluruh tim untuk terus menghadirkan sesuatu yang baru dan sesuai dengan trend di pasar. Kami terus memacu tim untuk selalu menghadirkan inovasi baru yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk masyarakat banyak,” imbuh Billy.
Penghargaan Emiten Terbaik 2022 sendiri didapat dengan melewati tahapan seleksi dan peringkat yang mengacu pada beberapa kriteria, di antaranya adalah (1) return saham selama satu tahun (1 April 2020 – 31 Mei 2021), (2) likuiditas saham dan (3) volatilitas saham untuk periode yang sama, (4) pertumbuhan penjualan tiga tahun, (5) net operating margin (NM), (6) return on equity (ROE), (7) asset turn over (ATO), dan (8) pertumbuhan laba operasi tiga tahun.
Lebih lanjut, penghargaan ini juga didapat tak hanya berdasarkan hasil pemeringkatan saja, tapi juga ditambah dengan hasil polling terhadap 200 responden (analis, manajer investasi, dana pensiun, asuransi, investor individu, dan pengamat pasar modal).
Sepanjang tahun 2021 VICI membukukan pencapaian positif di tengah pandemi Covid-19 dengan mencatatkan pertumbuhan double digit dengan peningkatan penjualan 10,2% menjadi Rp1,15 triliun dari raihan periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp1,04 triliun.
Secara keseluruhan, di tengah berbagai dinamika, perseroan juga berhasil meraih laba kotor sebesar Rp573,78 miliar atau naik 10,5%. Lebih lanjut, Perseroan juga mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 19,5% menjadi Rp177,2 miliar pada tahun 2021 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya senilai Rp148,4 miliar.
Selama ini VICI dikenal sebagai perusahaan manufaktur kosmetik yang merupakan pemegang merek dari produk perawatan tubuh yang memiliki konsep bahan natural dengan merek Herborist. Juga, memiliki beberapa merek perawatan lainnya, seperti Miranda (produk pewarna dan perawatan rambut), Victoria (produk perawatan tubuh dan wewangian tubuh berkonsep praktis dan modern), Nuface (produk masker perawatan wajah dan kapas kecantikan), dan CBD (produk perawatan dan pewarna rambut yang digunakan para hairdresser profesional).
Pemasaran produk VICI tak hanya di dalam negeri, tapi juga ekspor ke Jepang, Brunei Darussalam, Malaysia, Timor Leste, Korea Selatan, dan China.