Skincare Laris, Laba Emiten Produk Kecantikan Ini Meningkat 83%
Jakarta – PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) memutuskan akan membagikan dividen interim kepada para pemegang saham dari laba bersih tahun 2023. Emiten manufaktur kosmetik ini akan membagikan dividen dengan total Rp 46,9 miliar yang didistribusikan ke semua pemegang saham perseroam.
Direktur Victoria Care (VICI), Henny Soetanto menyebut tahun ini VICI membagi dividen dengan nilai Rp 7 per lembar saham atau sekitar 39% lebih dari laba bersih tahun 2023. “Cum date dividen akan dilakukan awal Juni,” kata Henny dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Selasa (28/5) di Puri Indah Financial Tower, Jakarta Barat.
Sebelumnya, manajemen Direksi VICI memaparkan kinerja Perseroan di sepanjang tahun 2023. Perseroan mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 30,2% secara year on year (YoY), dari sebelumnya Rp 1 triliun di 2022 menjadi Rp 1,4 triliun pada tahun 2023. Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan tahun 2023 sebagai periode dengan pencapaian terbaik sejak Perseroan berdiri 16 tahun yang lalu.
Lebih lanjut, VICI juga berhasil membukukan peningkatan laba bersih sebesar Rp 81 miliar atau sekitar 83% dari Rp98 miliar di tahun 2022 menjadi Rp 178 miliar tahun 2023. Perseroan juga mencatat Gross Profit Margin sebesar 55,7% di tahun 2023 dibandingkan 52,5% pada tahun sebelumnya. Sementara Net Income Margin Perseroan juga tercatat naik dari sebelumnya 9,3% pada tahun 2022 menjadi 13,1% pada 2023.
Raihan positif yang berhasil diraih Perseroan di sepanjang 2023 ini dimotori oleh keberhasilan VICI dalam menjalankan strategi yang tepat dalam pemilihan produk-produk yang diluncurkan ke pasar sehingga sukses meningkatkan penjualan Perseroan secara signifikan.
Selain itu, meningkatnya permintaan produk-produk perawatan tubuh rambut, dan kulit dari berbagai merek di bawah naungan Perseroan seperti Herborist, CBD Professional, hingga Nuface tercatat menjadi kontributor utama pertumbuhan Perseroan di sepanjang tahun 2023.
“Capaian positif di sepanjang 2023 ini merupakan bukti dari keberhasilan Perseroan untuk berinovasi dalam berbagai hal dan didukung dengan kemampuan produksi dan distribusi yang luas, membuat produk-produk Perseroan bisa diterima dengan baik oleh para konsumen setia kami,” imbuh BillyHartono Salim, Direktur Utama VICI.
Pada kuartal I-2024, VICI juga sukses membukukan peningkatan pendapatan sebesar 14,6% menjadi Rp 338,5 miliar dari raihan periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni Rp 295,4 miliar. Tak berhenti sampai di situ, laba bersih Perseroan juga tercatat tumbuh 20% secara year on year, dari Rp 39,2 miliar pada tahun 2023 menjadi Rp47,1 miliar di tahun 2024.
Selain mencatatkan pertumbuhan double digit, profitabilitas VICI di sepanjang kuartal pertama tahun ini menunjukkan posisi keuangan yang solid. Gross Profit Margin Perseroan mencetak angka 55,3% sedangkan Net Income Margin Perseroan mencapai 13,9%, menunjukkan komitmen Perseroan dalam mengejar pertumbuhan dan di saat yang sama menjaga kesehatan keuangan Perseroan.
Keberhasilan Perseroan dalam menjaga performa positif di sepanjang kuartal 1 2024 ini tidak terlepas dari kejelian Perseroan dalam menjalankan strategi pemasaran yang tepat. Selain itu, Perseroan juga terus memperkuat kehadirannya di platform digital untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen Perseroan.
Lebih lanjut, Billy juga menambahkan bahwa pihaknya optimis untuk terus mempertahankan performa positif ini di sepanjang 2024.
“Dengan peluang pasar yang masih besar dan DNA inovasi Perseroan yang kuat, Perseroan optimis akan kembali mampu membukukan kinerja yang impresif di 2024 dan menargetkan pertumbuhan pendapatan double digit dari tahun lalu dan margin laba bersih di atas 10%,” tutur Billy menegaskan.
Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/victoria-care-akan-bagikan-dividen-totalnya-rp-469-miliar